Senin, 19 Juni 2017

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Posted on Senin, 19 Juni 2017
Cara mudah mengecek tagihan iuran pembayaran BPJS Kesehatan - Siapa yang tidak mengenal kegiatan BPJS Kesehatan dari pemerintah? Program yang telah diselenggarakan selama kurang lebih tiga tahun ini telah menjamur di aneka macam kalangan masyarakat. Program yang dimulai pada Januari 2014 ini ialah sebagai upaya pemerintah untuk mensejahterakan warga Indonesia yang kurang mampu, khususnya untuk biaya kesehatan.
Nah,  sudahkah Anda terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan? kalau anda kerepotan dan masih resah soal pendaftaran BPJS anda bisa membaca panduaanya pada artikel ini : Cara daftar BPJS Kesehatan Online.
Jika anda sudah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan, saat menjadi anggota BPJS Kesehatan tentunya Anda akan dikenakan kewajiban untuk membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah iuran yang Anda keluarkan ini akan tergantung pada jenis layanan yang Anda gunakan.
Lalu bagaimana cara mengecek tagihan iuran pembayaran BPJS Kesehatan tersebut?
Ada dua cara yang  akan membantu Anda dalam pengecekan tagihan pembayaran BPJS Kesehatan.

    Cara itu ialah dengan mengecek pada laman resmi BPJS Kesehatan dan mengecek pada SMSgateway. Untuk lebih detailnya ialah simak panduan di bawah ini :

1.Mengecek laman resmi BPJS Kesehatan
Saat ini internet tengah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakkan dari masyarakat kebanyakan. Jika Anda ialah bab dari masyarakat yang bergantung pada internet, maka gunakanlah hal tersebut untuk mengecek laman atau website resmi BPJS Kesehatan.
Anda cukup masuk ke website BPJS bpjs-kesehatan.go.id, lalu mengecek tagihan pembayaran dengan langkah-langkah di bawah ini :

a)Pada halaman utama klik menu “Cek Iuran Peserta”

cek tagihan bpjs kesehatan

b)Sesudah halaman gres muncul pada layar, Anda akan diminta untuk mengisi dua data. Data yang pertama harus diisi ialah nomor kartu Anda, diisi dengan 13 digit nomor kartu BPJS Anda. Nomornya bisa Anda lihat di kartu BPJS Anda.
Data yang kedua ialah tanggal lahir Anda sebagai pemegang kartu BPJS. Masukkan tanggal lahir Andadengan format (dd/mm/yyyy) misal 20/09/1992.

c)Kemudian setelah mengisi kolom tersebut, Anda akan diminta untuk mengetik angka validasi yang tertera di layar sana. Lalu kliklah “Cek”, rincian pembayaran Anda akan muncul pada layar. Rincian ini meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang belum dibayarkan.
Sistem akan menampilkan data tagihan seluruh anggota keluarga yang sudah terdaftar sesuai Kartu Keluarga (KK), dari mulai nama, nomor, jumlah tagihan, denda dan data lainnya yang berkaitan degan tagihan BPJS kesehatan Anda.

isi nomer kartu dan tanggal lahir bpjs kesehatan anda

2.Melakukan Pengecekan melalui SMS Gateway
Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan iuran BPJS kesehatan secara cepat dan praktis lainnya ialah melalaui SMS gateway. Saat ini BPJS sudah menyediakan layanan SMS gateway yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh infomasi terkait BPJS secara cepat dan mudah.
Tentunya Anda bisa mengecek tagihan iuran pembayaran BPJS Kesehatan ini di manapun dan kapanpun. Bisa pula digunakan untuk akseptor BPJS perusahan/badan perjuangan maupun mandiri. Tapi ada syarat kalau Anda menggunakan layanan SMSgateway ini. Syaratnya ialah Anda harus mengetahui nomor kartu BPJS Anda dan juga Anda harus membawa smartphone Anda.
SMSgateway ialah layanan berita dua arah yang disampaikan melalui pesan singkat menggunakan sistem infomasi. Layanan SMSgateway diakses melalui nomor jaringan tertentu. Untuk berita yang berkaitan dengan BPJS, SMSgateway dapat dikirim melalui SMS ke nomor 08777-5500-400 dengan format tertentu.
Berikut ini ialah format SMS gateway BPJS yang bisa Anda lakukan kalau Anda ingin cek tagihan iuran pembayaran BPJS Kesehatan. Mengecek jumlah tagihan iuran pembayaran BPJS Anda ialah dengan menggunakan format SMS dengan cara :

   Ketik TAGIHAN<spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda . setelah selesesai mengetik, kirim        SMS tersebut ke nomor 087775500400. Sebagai pola adalah
   TAGIHAN 0000123456789

Next Post :
Cara bayar BPJS Kesehatan lewat Atm, Kantor Pos dan Indomaret/Alfamart
Bagaimana? Cukup mudah bukan? Masihkah Anda resah bagaimana cara cek tagihan iuran pembayaran BPJS Kesehatan? Ada dua cara untuk mengeceknya, tinggal Anda pilih cara mana yang paling mudah bagi Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.