Rabu, 16 Agustus 2017

Pengertian Scanner dan Fungsinya

Posted on Rabu, 16 Agustus 2017
perangkat keras jaringan komputer yang cara kerjanya hampir sama dengan Mesin Fotokopi dan yang membedakan yakni bila Mesin fotocopy jadinya hanya dapat kita lihat pada kertas dan tidak dapat di edit atau di rubah sedangkan Mesin scanner jadinya dapat di tampilkan pada layar komputer atau Laptop dan dapat di edit ataupun di modifikasi sehingga jadinya akan lebih bagus dan jadinya dapat kita simpan sebagai file text, dokumen atau gambar.
Alat ini biasanya dipakai untuk membaca dokumen yang tertulis pada sebuah kertas dengan cara mendeteksi image pada kertas tersebut atau scan selain  itu ada beberapa scanner yang bisa mengambil teks dari sebuah kertas. Mesin scanner merupakan sebuah alat optic yang dapat mengkonversikan citra ibarat foto ke dalam bentuk digital biar dapat disimpan atau diedit pada komputer atau laptop.

Pengertian Scanner dan Fungsinya

Ukuran dan bentuk mesin scanner menyebarkan macam ada yang berukuran lebarseperti kertas folio ada juga yang seukuran postcard dan scanner terbaru yang di luncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc yakni scanner mini yang berbentuk pena. dan alat ini di beri nama Quicklink yang berukuran panjang 6 inci dan beratnya sekitar 3 ons. Mesin scanner yang berukuran pena tersebut bisa menyimpan sampai 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke dalam komputer atau laptop.

Fungsi Scanner pada umumnya yakni suatu alat yang bertugas memindahkan beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer atau laptop. Bila diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas tersebut akan dipindahkan atau di transfer 100% ke dalam komputer atau laptop anda..
Saat ini sudah ada berbagai merk scanner yang beredar di pasaran dan di antaranya scanner buatan dari merk Hewlett Packard, EPSON, UMAX, CANON dan masih banyak lagi yang lain dan yang membedakan dari tiap-tiap merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Untuk panduan cara kerja mesin scanner dapat anda baca pada postingan terdahulu yaitu Cara Kerja Mesin Scanner.

Macam-macam dan jenis-jenis Scanner :
1. Scanner Gambar
Pengertian scanner gambar yakni alat yang fungsinya memindai gambar atau goresan pena yang ada pada sebuah media kertas, dengan cara meletakkan kertas tersebut di atas scanner dan kemudian memindainya.

2. Scanner Sinar X
Pengertian Scanner sinar x adalah alat yang berfungsi untuk memindai sebuah benda dengan menggunakan sinar x atau sinar Rontgen. Alat ini biasanya digunakan untuk memindai bab dalam suatu benda, Alat ini biasanya dipergunakan pada Rumahsakit- rumahsakit umum.

3. Scanner Barcode
Pengertian Barcode scanner yakni alat yang berfungsi untuk memindai data yang tersimpan di dalam kode-kode berupa batang garis, titik, dan persegi panjang. BIasanya digunakan pada supermarket atau swalayan.

4. Scanner Optical Mark Reader (OMR)
Fungsi Scanner OMR hampir sama dengan scanner gambar, biasanya alat ini dipergunakan untuk memindai Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada ujian nasional disekolah.

5. Scanner Cek
Scanner cek yakni alat yang berfungsi memindai sebuah cek dan dapat memindai keaslian dan keabsahan sebuah lembaran cek.

6. Scanner 3 Dimensi
Scanner 3 dimensi yakni alat yang dapat memindai sebuah benda secara 3 dimensi.

7. Scanner Logam
Scanner logam yakni alat untuk memindai kandungan logam yang terdapat pada sebuah benda.

Itu tadi sedikit ulasan dari aku perihal Pengertian Scanner dan Fungsinya, Terimakasi telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.