Jumat, 11 Agustus 2017

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Posted on Jumat, 11 Agustus 2017
perangkat lunak komputer. Adapun pola atau macam-macamnya hardware yaitu sebagi berikut :

perangkat keras jaringan komputer

1.) NIC (Network Interface Card).
NIC (Network Interface Card) atau Kartu Jaringan yaitu salah satu perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Fungsi NIC yaitu Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer dan juga Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki isyarat tertentu yang unik.

2.) Kabel Jaringan (UTP).
Pengertian Kabel jaringan (UTP) yaitu kabel yang menghubungkan antara komputer dengan komputer, dari server ke switch/hub dan lain lain. kabel jaringan juga sebagai perantara antara user dengan user yang lain dalam satu wilayah lokal (di kantor,diwarnet dan lain lain)Kegunaan kabel UTP yaitu kabel yang dirancang khusus untuk menghantarkan transmisi data dalam suatu jaringan komputer. UTP merupakan kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair yang berarti Unshielded = tidak tahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik, dan Twisted Pair = artinya terdiri dari pasangan-pasangan kabel yang disusun secara berlilitan atau membentuk spiral.

3.) Konektor.
Pengertian konektor yaitu pengubung antara kabel yang digunakan sebagai media transmisi dengan komponen dimana kabel tersebut akan dihubungkan, misalnya ke komputer atau peralatan jaringan lainnya. Tiap jenis kabel memiliki konektor yang berbeda-beda.

4.) Hub.
Hub yaitu salah satu perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat menghipnotis proses mempercepat koneksi antar komputer sehingga kalau Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan juga terganggu. fungsi Hub adalah peserta sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik sentra yang menghubungkan keseluruh komputer dalam jaringan tersebut.

5.) Switch.
Pengertian Switch yaitu sebuah perangkat keras komputer yang menghubungkan komputer sampai membentuk segmen jaringan. Switch bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama menyerupai bridge, tetapi switch memiliki jumlah port yang banyak sehingga switch sering dinamakan multi-port bridge.

6.) Repeater.Pengertian Repearter adalah Alat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer.
Fungsi repeater pada umumnya yaitu Mengulangi kembali pancaran, dengan maksud memperkuat kembali pancaran yang diterima sehingga lebih besar lengan berkuasa dan dapat mencapai jarak yang lebih jauh atau memperluas jangkauan.

7.) Router
Pengertian Router yaitu alat yang digunakan untuk membagi Protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol mampu kita sharing ke perangkat jaringan lainnya.
Fungsi Router yaitu sebagai penghubung antara beberapa jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

8.) Modem.
Modem yaitu kepanjangan dari Modulator Demodulator. Modulator alat yang fungsinya mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan alat yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan bagus. Kaprikornus pengertian modem pada umumnya yaitu alat komunikasi dua arah. Modem mendapatkan rangkaian pulsa biner dari periferal komputer, kemudian memodulasi karakteristik sinyal analog biar dapat disalurkan melalui jalan masuk telepon atau cablelines. Sedangkan pada si penerima, sinyal yang ditumpangi ini oleh rangkaian demodulator dipisahkan kembali dari sinyal yang menumpanginya sehingga dapat dibaca oleh komputer dan proses ini di sebut proses demodulasi.
    Sebenarnya aku tidak terlalu paham dengan komputer namun dari beberapa sahabat aku ada yang meminta menuliskan topik ini, jadi ya aku tulis sebisanya dan kesannya jadi deh postingan ini, meskipun ulasanya ambrul adul yang penting aku sudah berusaha memenuhi usul mereka dan artikel terdahulu aku yaitu Perangkat Jaringan Komputer. Terimakasih telah berkunjung semoga goresan pena ini bermanfaat buat anda.