Minggu, 06 Agustus 2017

Pesona Wisata Kebun Raya Bogor Yang Mengagumkan

Posted on Minggu, 06 Agustus 2017
- Kebun raya bogor merupakan salah satu daerah wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari banyak sekali kota di Indonesia. Terletak di jl. Ir.Juanda no 13 Bogor Jawa Barat,  Tempat yang pada mulanya digunakan sebagai hutan buatan ini memiliki luas sekitar 87 hektare dan mempunyai sekitar 15 ribu jenis pohon ialah salah satu daerah yang cocok untuk menghilangkan kejenuhan akhir rutinitas kita sehari hari. Kebun Raya Bogor memiliki letak yang sangat strategis yaitu di sentra kota Bogor sehingga kanal menuju wisata ini sangat mundah dijangkau oleh banyak sekali kendaraan. Buat anda yang berdomisili diwilayah Jawa Barat dan sekitarnya yang sedang merencanakan liburan diakhir pekan bersama keluarga tentunya kebun Raya Bogor ini sangat cocok untuk anda kunjungi, alasannya ialah selain daerah ini bagus dan lokasinya mudah untuk dijangkau harga tiket masuknya pun juga terjangkau, yaitu hanya sekitar 15 ribu rupiah.
Kaprikornus tak heran jikalau daerah ini selalu dipadati para pengunjung apalagi ketika selesai pekan tiba atau pada masa liburan sekolah.
Ketika anda hendak memasuki daerah wisata ini terlihat dengan terperinci sebuah arca Ganesha yang terdapat pada pintu gerbang dimana arca Ganesha ini merupakan simbol bahwa kebun raya bogor bukanlah sekedar daerah hiburan dan rekreasi semata melainkan juga sebagai daerah observasi tanaman dan sebagai sentra pendidikan.
Selain itu anda juga akan menemui papan petunjuk atau peta lokasi yang membantu anda untuk menelusuri daerah wisata ini secara menyeluruh. Mengingat daerah ini begitu luas maka dengan adanya papan petunjuk ini kita tidak perlu kawatir tersesat ketika memasuki wilayah kebun raya bogor. 

Kebun raya Bogor memiliki 4 pintu masuk bagi wisatawan, ke empat pintu masuk tersebut ialah:

1.Pintu gerbang utama yaitu terletak di depan pasar kota Bogor
2.Pintu gerbang ke 2 yaitu jl. Ir.Juanda
3.Pintu gerbang Ke 3 yaaitu jl. padjajaran dan jl. Harupat
4.Pintu gerbang ke 4 yaitu seberang Institut Pertanian Bogor

  Ada beberapa kanal yang bisa anda lalui jikalau ingin berwisata dikebun raya Bogor. Berikut ini rute yang dapat anda tempuh dengan mengunakan banyak sekali kendaraan:

1.Kendaraan Pribadi

Apabila perjalanan anda ke Bogor mengunakan kendaraan pribadi anda kanal yang mudah menuju kebun raya Bogor dengan mengunakan jalur cepat jalan tol Jagorawi kemudian masuk lewat jl.Padjajaran selanjutnya anda dapat lanngsung masuk pintu gerbang kebun raya Bogor.

2.Kendaraan umum (Bus)

Jika anda mengunakan jasa angkutan umum bus kanal yang harus anda lalui supaya hingga di kebun Raya Bogor ialah Masuk ke terminal bus Barananasiang cari angkutan kota ber no 06 atau no 13 anda bisa pribadi turun didepan pintu gerbang kebun raya Bogor.

3.Kereta api

Dengan mengunakan jasa angkutann kereta api anda dapat dengan mudah menuju ke kebun raya Bogor.setelah anda masuk di stasiun Bogor cari angkutan kota yang ber no.02 / 10 anda bisa pribadi turun di depan pintu gerbang kebun raya Bogor.

Berasarkan peraturan pemerintah no.106 tahun 2012 mulai 1 maret 2013 tarif kebun raya Bogor yang berlaku ialah

*Tiket masuk Reguler

Wisatawan lokal            Rp.  14.000
Wisatawan abnormal            Rp.  25.000
Parkir roda 2                  Rp.    5.000
Sepeda keliling              Rp.    5.000
Mobil keliling                Rp.  30.000

Tiket masuk sudah termasuk asuransi jasa Raharja plus masuk museum zoologi. Pada selesai pekan dan hari libur
Pengelola juga menyediakan kemudahan lainnya yakni untuk program pesta, metting dll.Ada beberapa daerah wisata yang dapat anda nikmati didalam kebun raya bogor antara lain;

1.Jembatan gantung merah 

 Sering disebut jembatan cinta alasannya ialah sering digunakan oleh calon pengantin untuk melaksanakan foto pre wedding,latar pemandangan yang bagus menjadi alasannya. Jembatan ini hanya bertumpu pada sebuah tali penyangga jembatan saja jadi hanya bisa memampung 15 orang saja dalam waktu bersamaan. 

jembatan gantung merah

2.Taman lebak Sudjana Kassan 

Sudjana Kassan ialah nama andal biologi yang menjadi pemimpin indonesia pertama mengantikan J.Douglas pada tahun 1985. Nama Sudjana Kassan diabadikan sebagai nama sebuah taman di kebun raya Bogor yang terletak di bab paling utara kebun raya Bogor. Di taman  terdapat sebuah patung Kepala Sudjana Kassan dan juga taman yang bagus yang terhampar diatas rerumputan yang selalu ramai di kunjungi wisatawan. Dibelakang patung ada tanaman yang tertata rapi membentuk burung Garuda akan terlihat terperinci bila dilihat dari atas. Untuk keluar dari taman ini anda harus melewati sebuah jembatan kecil yang diberi nama jembatan Surya Lembayung.


Taman Lebak Kassan Sudjana

3.Taman Raflesia 

 Tak jauh dari jembatan surya lembayung terdapat persimpangan jalan pilihlah yang ke arah timur disitu terdapat taman Raflesia.Masuk ditaman raflesia anda akan bertemu penjaga taman yang akan memberi kode kepada pengunjung. Raflesia disini ialah jenis raflesia patma, yang hanya mekar sekitar seminggu dan kemudian akan layu. Petugas dengan  senang hati akan melayani pengunjung. yang akan mengabadikan gambar bunga raflesia.


Taman Raflesia

4. Museum  Zoologi 

Museum ini berisi koleksi dari dunia satwa yang telah diawetkan maupun yang telah menjadi fosil. Museum zooliogi memiliki 2 lokasi yakni yang pertama berada di jl.Ir.Juanda no 09. Bogor daerah ini dibuka setiap hari untuk umum. yang kedua berada di sentra ilmu pengetahuan Cibinong Tepatnya Di jalan raya Jakarta - Bogor dan hanya di buka setahun sekali tepatnya pada bulan oktober. Ada beberapa koleksi spesies binatang langka antara lain

 Paus biru yang panjangnya mencapai 27 m dan memiliki berat 116 ton yang mati terdampat di Pesisir Pameungpeuk, garut 1916 butuh waktu 44 hari untuk membawa seluruh tubuh ikan ini.


kerangka paus biru


Badak Tasik Merupakan rino jantan dari Tasikmalaya terakhir dari periangan. Badak ini masuk di museum zoologi pada tahun 1934 setelah sebelumnya ditinggal betina yang lebih dahulu meninggal tahun 1916.

Badak Tasik

Ikan ikan besar dari teluk Jakarta
Dilihat dari koleksinya tentu saja dahulu teluk Jakarta memiliki sumber daya alam yang melimpah. Ada koleksi ikan besar jangilus(tetrapturus Brevirostris)  masing kerabat ikan Marlin yang memiliki moncong. Lalu ada juga ikan Gergaji (Pristis perroti) memiliki panjang 5 m lebih yang masih kerabat dari ikan Pari.

Ikan Jangilus

Ikan Gergaji

4. Taman Bambu

Kebun raya Bogor memiliki banyak sekali macam jenis bambu dari banyak sekali bagian dunia. Disini juga ada bambu raksasa berasal dari India yang tingginya mencapai 30 m dan mempunyai ruas antar buku 25 cm s/d 55 cm dengan diameter 25 cm. Cocok untuk sekedar berteduh setelah lelah berjalan mengintari kebun raya Bogor. 

taman bambu
Taman Bambu

5.Rumah Anggrek

Di kebun raya Bogor ada rumah anggek yang wajib anda kunjungi. Rumah anggrek ini berada di timur laut kebun raya, meskipun letaknya lumayan jauh dari pintu masuk kebun raya bogor namun anda tak akan kecewa dengan keindahan yang disuguhkan. Sejauh mata memandang terlihat hamparan bunga anggrek yang begitu indah. Di kebun raya Bogor sendiri ada 2 ruangan beling satu untuk anggrek hibrida dan satu lagi anggrek alam dan memiliki koleksi anggrek sekita 500 an jenis anggrek.

koleksi anggrek
Koleksi Anggrek

6. Kolam Teratai

Kebun raya Bogor memiliki koleksi teratai raksasa dari hutan Amazon yang berdiameter 1,5 m dan juga koleksi teratai mini yang berasal dari irian Jaya dan Jawa Barat yang dapat anda jumpai di taman yang berhadapan dengan Istana Bogor. Disini ada cafe dedaun dengan menu spesialnya membuat daerah ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Jika anda ingin berselfie di taman teratai ada sebuah jembatan yang unik layaknya jembatan di Jepang yang sangat bagus untuk di jadikan latar pengambilan gambar. 

Teratai Amazon


Baca Juga : Tempat Wisata Di Bogor Paling Terkenal

Itulah beberapa daerah di kebun raya Bogor yang patut anda kunjungi. Saran saya alasannya ialah kebun raya Bogor sangatlah luas gunakan saja sepeda atau kendaraan beroda empat keliling supaya perjalaanan anda disana tidak menguras tenaga dan datanglaah pagi pagi supaya anda lebih puas melihat lihat apa saja yang ada di dalam kebun raya Bogor.