Kamis, 13 Juli 2017

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Posted on Kamis, 13 Juli 2017
Berbagai manfaat dan khasiat daun binahong buat kesehatan | Binahong (Anredera Cordifola) atau orang Indonesia biasa menyebutnya daun Gondola merupakan tumbuhan herbal yang kaya akan manfaat.  Binahong memiliki ciri ciri tumbuh menjalar berdaun tebal dan halus dan akarnya berumbi. Binahong biasanya ditanam di sekitar pekaragan rumah yang difungsikan sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini berasal dari korea dan sudah semenjak lama masuk ke Indonesia. Orang Korea banyak memanfaatkan tumbuhan ini untuk mengatasi segala macam penyakit. Namun di Indonesia masih banyak yang belum mengetahui bahwa daun Binahong dapat kita gunakan untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit, orang lebih memanfaatkan tumbuhan ini sebagai tanaman hias dipekarangan saja. Dalam daun binahong terkandung senyawa aktif menyerupai zat alkonoid yang baik untuk penderita diabetes untuk menetralkan gula dalam darah, antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan juga saponin untuk menetralkan kadar kolestrol dalam darah. Khasiat tumbuhan bunahong tidak dapat diragukan lagi. Berikut ini manfaat daun binahong daun binahong atau gondola :

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan


1. Menyembuhkan luka.

Manfaat daun binahong yang pertama ialah dapat menyembuhkan luka baik luka luar maupun luka dalam. Anda yang memiliki anak kecil pasti merasa khawatir kalau buah hati terluka jawaban aktif bermain, Diusiannya yang masih kecil anak anak kita memiliki hasrat ingin tahu yang tinggi pada apa yang dilihatnya. Jangan terlalu panik kalau anak anda mengalmi luka lka ringan karena terjatuh aun inahong dapat anda gunakan untuk menyembuhkannya. Caranya bersihkan luka uah hati anda dengan alkohol. Kemudian ambil daun binahong dan memarkan setelah itu oleskan pada adegan yang luka tadi mengunakan daun yang telah di memarkan tadi. Bila telah kering bersihkan dengan air bersih. Sedang kan untuk luka dalam misalnya luka jawaban operasi dan tyfus anda dapat memanfaakan air rebusan daun binahong caranya rebus satu genggam daun binahong dengan 2 gelas air, minum 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Manfaat daun binahong untuk mengobati maag.

Penyakit maag ialah suatu penyakit yang penyebabnya yakni luka atau peradangan yang terjadi dilambung. Penyakit maag biasaya disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur, kurang tidur, sering minum minuman beralkohol stres dll. Sakit maag dapat disembuhkan namun dapat terulang apabila si penderita tersebut megulang kembali contoh hidup yang tidak sehat. Untuk pegunaan obat obatan biasanya diminum sebelum makan bertujuan untuk menetralisasikan asam lambung didalam badan kita. Selain dipergunakan sebagai obat anda juga dapat memanfaatkan khasiat daun binahong caranya ambil satu genggam daun binahong lalu basuh bersih rebus bersama 2 gelas air. Minum secara teratur pagi dan sore. Ulangi sampai maag anda sembuh.

3. Menurunkan kadar kolestrol.

Kelebihan kolestrol akan besar lengan berkuasa pada peredaran darah dalam tubuh. Kelebihan kolestrol jug akan memicu timbulnya banyak sekali macam penyakit diantaranya jantung koroner, stroke, penumpukan lemak/ kegemukan, diabetes, asam urat dll. Untuk mengobati kelebihan kolestrol anda dapat membuat ramuan herbal dari daun binahong caranya ambil satu genggam daun binahong kemudian basuh bersih lalu rebus dengan 2 gelas air. Minumlah secara teratur supaya kolestrol anda segera turun.

4. Mengobati asam urat

Asam urat merupakan suatu penyakit yang timbul karena tingginya zat purin dalam tubuh. Purin didalam badan diolah menjadi asam urat namun dalam jumlah yang berlebih ginjal tidak bisa mengeluarkan sehingga menumpuk dipersendian dan terjadilah sakit asam urat. Pada umumnya penderita asam urat akan mencicipi nyeri pada kawasan persendingan bahkan apabila sudah parah dapat timbul pembengkakan jawaban peradangan. Purin dihasilkan oleh banyak sekali macam materi makanan yang kita konsumsi. Untuk menghindari terjadinya asam urat anda harus menjauhi makan makanan yang mengandung tinggi purin misalnya jeroan, seafood, makanan kaleng, kacang kacangan dll. Sudah tahukan anda kalau manfaat daun binahong juga bisa menyembuhkan asam urat? Jika selama ini anda mengobati asam urat yang anda derita dengan mengkonsumsi obat obatan tidak ada salahnya anda mencoba mengobatinya dengan ramuan herbal dari rebusan daun binahong. Selain ramah dikantong memanfaatkan daun binahong juga lebih aman karena bebas dari materi kimia. Caranya sama menyerupai diatas minumlah ramuan daun binahong secara teratur pagi dan sore sampai asam urat anda sembuh. Dan jangan lupa untuk tidak mengkonsumsi materi makanan yang dapat menimbulkan tingginya zat purin.

5. Mengobati jerawat

Masalah jerawat yakni problem umum yang dihadapi banyak remaja. Jerawat timbul karena pori pori kulit tersumbat maka terjadilah peradangan. Selain itu jerawat juga bisa disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebih, stres, perubahan hormon, pemakain kosmetik, basil dll. Untuk mengatasi jerawat mengunakan daun binahong caranya mudah saja, Buatlah masker dari daun binahong caranya tumbuk daun binahong kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat, diamkan beberapa dikala sampai masker daun binahong mengering, bilas dengan air hangat supaya pori pori kulit anda terbuka. Ulangi hinnga jerawat anda menghilang.

6. Meredakan sesak nafas

Sesak nafas sangat berbahaya kaena dapat mengancam jiwa. Sesak nafas terjadi karena terganggunya sistem pernafasan yang disebabkan oleh banyak sekali faktor bisa karena aktifitas berat, suhu udara dan juga faktor medis menyerupai asma, gangguan jantung, penyakit paru paru dll. Ketika sesak nafas menyerang seseorang tidak leluasa mengirup udara dan nafas mejadi cepat. Untuk meredakannya anda dapat membuat ramuan dari daun binahong caranya rebus beberapa lembar daun binahong lalu minum air rebusan tiap pagi dan sore.

7. Mengobati Diabetes.

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula (glukosa) dalam darah yang berlebih. Pada umumnya pankreas melepas hormon insulin yang berfungsi mengangkut gula lewat otot dan jaringan sebagi energi. Diabetes merupakan penyakit keturunan yang perlu diwaspadai karena dapat membahayakan jiwa. Gaya hidup sehat merupakan solusi sempurna untuk mencegahnya. Bagi yang terlanjur terjangkiti anda dapat memanfaatkan daun binahong untuk mengobatinya. Rebus daun binahong yang telah dicuci dengan 2 gelas air. Minum 2 x sehari secara teratur sampai kadar gula dalam darah anda kembali normal.

Artikel terkait : Manfaat Kunyit Putih Buat Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat daun binahong diatas mungkin bermanfaat anda. Ramuan daun binahong sangat tidak disarankan untuk penderita nyeri dada (angina), ibu hamil dan menyusui. Minum ramuan binahong tidak oleh berbarengan dengan minum minuman yang mengadung cafein menyerupai teh dan kopi karena dapat membahayakan diri anda. Untuk pengunaan ramuan daun binahong diharapkan pengawasan pihak yang berkompeten supaya tidak timbul problem yang tidak diinginkan.