Kamis, 20 Juli 2017

Cara Ternak Budidaya Kroto atau Semut Rangrang | Perluang urusan ekonomi rumahan

Posted on Kamis, 20 Juli 2017
Cara ternak kroto atau budidaya semut rangrang memang mampu dibilang sebagai salah satu peluang urusan ekonomi rumahan yang sangat menjanjikan alasannya yaitu kroto merupakan salah satu makanan burung kicauan paling bagus dan berkualitas. Banyak para kicaumania lebih memilih kroto sebagi makanan pendongkrak stamina burung semoga lebih rutin bernyanyi. Setau saya kroto sendiri tidak dapat diawetkan dalam jangka waktu yang lama dan biasanya para kicau mania lebih menyukai kroto yang masih segar atau gres di panen. Hampir diseluruh wilayah di indonesia banyak kita temukan para pecinta burung kicauan dan pastinya mereka sangat membutuhkan kroto sebagai makanan untuk burung peliharaan mereka. Seperti yang kita tau ketika ini harga kroto sangat mahal sekali dan sangat sulit kita temukan bahkan beberapa kicau mania rela membeli kroto yang harganya mahal demi burung kesayangan mereka. Kroto sendiri merupakan salah satu makanan pendongkrak stamina dan penambah birahi burung berkicau, sehingga dengan memberi makan burung kicauan dengan kroto yang segar dipercaya akan membuat burung makin rajin berkicau.
   Jika anda dapat memanfaatkan hal ini tentunya akan sangat menguntungkan buat anda dengan cara ternak kroto untuk dibudidayakan. Cara ternak kroto menurut saya cukup mudah dan tidak memakan kawasan yang luas untuk menjalankannya serta perjuangan ini mampu anda jadikan bisnis sampingan untuk menambah pemasukan anda. Untuk para pemula yang gres berguru membudidayakan kroto mungkin akan mengalami sedikit hambatan misalnya ibarat semut rangrang tidak mau bertelur, semut kroto banyak yang mati dan stres atau kabur. Buat anda yang mengalami hal tersebut tidak perlu kkhawatir dan cemas alasannya yaitu untuk sukses dalam membudidayakan semut rangrang ini kita memang harus mengenal abjad sisemut rangrang dan mungkin artikel yang saya rangkum dibawah ini dapat menambah sedikit wawasan sebelum anda memulai berternak kroto.

Cara ternak budidaya kroto atau semut rangrang media toples

   Sebenarnya kunci keberhasilan dalam berternak kroto yaitu ratu, jadi sebelum anda memulai membudidayakan semut rangrang anda harus mencari ratunya terlebih dahulu. Anda dapat mencarinya di kebun atau dimana saja, memang untuk menerima  ratu semut rangrang memang lumayan susah, terkadang anda sudah menerima sarang semut rangrang namun didalam sarang tersebut tidak terdapat ratu. Namun anda dapat membelinya pada orang-orang yang membudidayakan semut rangrang disekitar anda. Namun ada baiknya kalau anda mencari sendiri alasannya yaitu kalau beberapa artikel yang saya baca menyatakan tidak diperbolehkan mencampur koloni semut rangrang yang berbeda sarang alasannya yaitu kesudahannya para semut pekerja akan langgar dan akhirnya banyak yang mati.

cara Ternak Budidaya Kroto atau Semut Rangrang


   Setelah anda menerima sarang semut rangrang beserta ratunya kemudian buka sarang tersebut dan tempatkan pada sebuah bejana plastik dan usahakan bab tepi dari bejana tersebut anda kasih tepung semoga para semut pekerja nantinya tidak mampu naik keatas. Usahakan ketika anda meletakan semut rangrang ke bejana plastik sudah dalam keadaan bersih tanpa sarang. Kemudian hubungkan bejana yang berisi semut rangrang tadi pada toples yang sudah dilubangi pada bab bawahnya dengan diameter sekitar 3 - 5 cm, anda mampu memberi jembatan dari kayu atau sapu lidi menuju toples tersebut.  Setelah itu natinya para semut pekerja ini akan berpindah sendiri kedalam toples dan membawa telur mereka, dan jangan lupa sediakan juga makanan dan minuman dalam toples tersebut. Biasanya makanan semut rangrang ini berupa serangga mati, ibarat kecoak mati atau jangrik mati kira kira selang satu hari kemudian para semut rangrang ini akan membuat sarang alami pada toples tersebut. Usahakan toples tersebut dibawahnya dikasih napan yang berisi air semoga nantinya para semut pekerja ini tidak berhamburan keluar dan melarikan diri.
Usahakan  tempat untuk ternak kroto ini berada di kawasan yang sejuk dan tidak bertatapan eksklusif dengan sinar matahari. Makanan faforit semut rangrang yaitu serangga dan jangan lupa sediakan juga air gula, alasannya yaitu semut rangrang sangat menyukai air gula jadi ketersediaan air gula sangat penting dan jangan hingga kehabisan. Usahakan menggunakan air gula yang masih segar, kalau air gula tidak habis dalam beberapa hari usahakan mengganti air gula yang masih gres alasannya yaitu biasanya semut rangrang tidak mau meminum air gula yang sudah basi.

   Untuk masa panen semut kroto ini kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 20 hari perkoloni kalau perkembangan ternak kroto anda normal, bahkan mungkin mampu lebih kalau kita masih pemula dalam membudidayakan kroto.

      Selain budidaya kroto peluang urusan ekonomi lainnya yaitu berternak jangkrik, alasannya yaitu peminat jangkrik ketika ini juga sangat besar dan tentunya juga sangat mudah untuk dilakukan dirumah. untuk panduanya silakan baca : Cara Ternak Jangkrik .

Demikian sedikit tips dari saya, semoga mampu menambah ide buat anda. Jika ada saran atau kritikan silakan anda tulis pada kotak komentar dibawah ini.