Jumat, 21 Juli 2017

Cara Sederhana Menanam Cabe Rawit

Posted on Jumat, 21 Juli 2017
Cara mudah dan Sederhana Menanam Cabe Rawit , Ditengah harga cabai yang kian meroket hingga menembus kisaran harga 80rb per kilo kini banyak para petani yang mencoba membudidayakan tanaman cabe khususnya cabe rawit. Harga jualnya dipasaran sangat fluktuatif artinya bila harga jual sedang mahal mampu sangat mahal hingga mencapai 100rb per kg dan bila harga jual sedang murah atau pada dikala panen raya harganya mampu benar benar anjlok hingga 3rb per kg. Sebenarnya tanaman cabe tidak mengenal demam isu hanya saja bila pada demam isu penghujan tanaman ini tidak perlu diairi hanya mengandalkan air hujan. Dikampung daerah saya tinggal yaitu diaerah Ponorogo pedesaan bayak penduduk disekitar saya menanam cabe dengan cara yang sangat sederhana tetapi keuntungan yang mereka hasilkan ternyata lumayan besar. Cara menanam cabe menurut saya mampu dilakukan denagan gampang dan juga tidak memerlukan banyak biaya untuk pengoprasiannya. Bayangkan saja kita hanya melaksanakan satukali pemupukan saja setelah masa tanam dilahan (setelah pamindahan dari daerah persemaian) saya rasa sudah cukup. Jika kalian dapat memprediksi dengan tepat kira-kira kapan harga cabe akan naik dan kapan harga cabe akan turun tentunya dengan budidaya cabe anda akan menerima keuntungan yang sangat melimpah. Jika kalian tertarik ingin menggeluti perjuangan dibidang ini berikut cara sederhana membudidayakan tanaman cabe.

Cara Menanam Cabai Rawit


Cara Menanam Cabe Rawit

1. Menyiapkan lahan tanam bibit.
   Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mencangkul tanah untuk persemaian bibit sementara. Proses ini tidak memerlukan lahan luas, kemudian taburkan  diatasnya pupuk sangkar yang sudah kering.

2. Pemilihan Bibit.
   Proses pemilihan bibit dilakukan sebelum persemaian bibit. Pilihan cabe yang renta dan sehat. Jemur ditengah terik matahari eksklusif hingga benar benar kering kurang lebih sekitar 10 hari.
Setelah semua cabe benar benar kering tepat tumbuk cabe pelan pelan jangan hingga bijinya pecah kemudian pisahkan pisahkan semua biji biji cabe dengan kulit cabe.

3. Tahapan persemaian
    Sebar biji cabe diatas lahan tanam bibit kemudian anda dapat menutup diatasnya dengan jerami kering. Hal ini bertujuan supaya biji cabai tidak terbawa air ketika disiram atau dikala hujan deras. Sirami pada pagi dan sore. Setelah biji cabe berkecambah dan mulai keluar daun angkat lah jerami. Untuk pemeliharaan lakukan penyiraman 1 hingga 2 x sehari yaitu pagi dan sore.

4. Penanaman di Lahan
   Pada proses ini cabe dipindahkan dari media persemaian ke lahan. Biasanya dilakukan pada dikala turun hujan atau sehabis hujan Agar tidak layu yang kesudahannya mati.

5. Perawatan
   Perawatan yang mampu anda lakukan ketika menanam cabe yaitu mencabuti rumput disekitar tanaman cabe supaya proses pertumbuahannya tidak terganggu. kemudian anda dapat memperlihatkan pupuk pada usia satu bulan. Caranya letakkan pupuk di sebelah batang cabe kurang kira kira 1 sendok makan. Bila tanaman cabe anda terserang hama semprotlah dengan pestisida.

6. Panen
   Cabe dapat dipanen sekitar umur 3 bulan yang mampu kalian panen 5 hari sekali. Pada awal awal panen cabe yang dapat dipanen masih hijau (untuk lalapan) belum mampu dipanen hingga merah dikarenakan cabe masih banyak rontok dan belum renta benar. Biasanya cabe sudah dapat dipanen merah  setelah panen ke 6 dan seterusnya.

Artikel terkait :
Untuk memasarkannya anda mampu eksklusif menjual cabe-cabe hasil dari panen kepada orang-orang disekitar anda atau bila hasil panen anda melimpah silahkan bernego dengan tengkulak cabe disekitar anda. Demikian sedikit tips perihal cara menanam cabe rawit dari saya, semoga berita ini bermanfaat buat anda.