Senin, 26 Juni 2017

Pengertian dan Manfaat Asuransi

Posted on Senin, 26 Juni 2017
Maraknya kecelakaan yang terjadi dikala ini menimbulkan keresahan bagi kebanyakan orang. Kecelakaan seringnya terjadi secara tiba-tiba tanpa diduga. Tak jarang nyawapun menjadi taruhannya.
Mengantisipasi kecelakaan yang sering terjadi secara tiba-tiba, cukup umur ini mulai bermunculanlah perusahaan-perusahaan asuransi yang menyampaikan jasanya. Hal  ini tentu saja dilatar belakangi oleh banyak sekali keresahan pada orang-orang yang disayang kalau sewaktu-waktu ancaman menimpa, ibarat kecelakaan. 
Lalu gotong royong apa itu pengertian asuransi yang sebenarnya? Dan sejauh mana asuransi memberi manfaat bagi orang-orang? 

Manfaat dan pengertian asuransi
Ilustrasi img : http://majalahasuransi.blogspot.co.id/

Pengertian Asuransi
Asuransi yaitu pertanggungan yang berasal dari kata insurance dalam bahasa Inggris. Asuransi merupakan bentuk perjanjian antara pihak tertanggung atau nasabah dengan penanggung di dalam perusahaan asuransi. 
Dalam hal ini, pihak penanggung dari perusahaan asuransi bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin dialami oleh pihak tertanggung/ nasabah di masa depanya. Namun sebelumnya nasabah harus terlebih dahulu untuk melaksanakan pembayaran uang atau sering disebut dengan premi. 
Kebanyakan di Indonesia yang ada yaitu asuransi jiwa. Dalam artian yang ditanggung dalam perjanjian asuransi yaitu individu atau pihak yang ada dalam keluarga.  Pada dasarnya asuransi jiwa sendiri yaitu menyampaikan proteksi terhadap orang perindividu atas kerugian finansial yang tidak terduga. 
Kerugian yang tidak terduga sendiri yaitu berupa kematian yan mendadak, cacat tetap total, atau sudah tidak produktif (tua) atas seseorang yang menjadikan hilangnya penghasilan. 
Jadi secara gamblangnya, pengertian asuransi yaitu sesuatu yang mampu melindungi Anda maupun keluarga Anda kalau sewaktu-waku meninggal dunia atau sudah tidak produktif lagi.
Anda di masa renta nantinya, kalau sudah tidak mampu lagi menghasilkan finansial untuk kebutuhan keluarga, asuransi ada untuk menyampaikan tunjangan atau pertanggungan kepada keluarga Anda. Atau kalau Anda meninggal misalnya, keluarga yang Anda tinggalkan juga mampu diberikan pertanggungan dari premi yang tiap bulan Anda bayar. 
Baca juga : 
Hukum Asuransi Dalam Islam Halal ataukah Haram? Ini Penjelasannya
Manfaat Asuransi
Dari pengertian asuransi di atas, maka gotong royong ada banyak manfaat yang Anda dapatkan kalau mau mengasuransikan diri Anda dan keluarga Anda. Lalu apa saja sih manfaat asuransi itu sendiri? 
Ada beberapa manfaaat yang mampu Anda rasakan setelah Anda mengambil asuransi di perusahaan asuransi yang telah Anda pilih. Di antaranya yaitu sebagai berikut. 

1. Alat menabung
Manfaat asuransi sebagai alat untuk menabung. Menggunakan jasa asuransi sama halnya Anda menabung untuk masa depan. Melatih diri untuk menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilan sebagai tabungan dalam bentuk lain untuk jangka depan.

2. Alat investasi
Sama halnya dengan menabung, manfaat dari asuransi yaitu Anda berinvestasi untuk masa depan. Selain untuk memproteksi diri, keuntungan dari investasi ini mampu Anda gunakan di kemudian hari kalau Anda sedang membutuhkan. 

3. Alat pengelola resiko
Tidak ada orang di dunia ini yang mau menerima musibah secara tiba-tiba. Baik itu karena kecelakaan, musibah atau sebagainya. Tapi yang namanya takdir, memang tidak ada yang tahu. 
Untuk melindungi hal-hal yang tidak diinginkan, asuransi hadir sebagai alat untuk menanggulangi resiko yang tidak diinginkan. Jika sewaktu-waktu terjadi musibah, asuransi ada unuk menanggung resiko yang Anda tanggung. 
Jadi dengan asuransi ini, resiko Anda sedikit berkurang. Anda tidak perlu khawatir lagi memikirkan problem biaya atau sebagainya.

4. Alat Perancang
Alatperancang yang dimaksud di sini yaitu manfaat asuransi sebagai perancang rencana masa depan. Tidak ada yang tahu kapan maut akan menjemput, tapi semoga orang yang Anda tinggalkan tidak sengsara, asuransi ada untuk merancang masa depan Anda semoga tidak menyedihkan.

5. Alat penenang.
Manfaat asuransi juga mampu sebagai alat penenang. Alat yang digunakan untuk menenangkan pikiran dan hati Anda akan nyaman dan tentram. Jika suatu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda tidak perlu terlalu merisaukan bagaimana menanggulangi ke depannya.

Pikiran dan hati yang nyaman serta tentram ini wajar kalau Anda sudah mengasuransikan diri dan keluarga Anda. Kehidupan yang terjamin ke depannya mungkin menjadi alasannya yaitu nyaman dan tentramnya hati serta pikiran Anda. 

Itulah pengertian dan manfaat asuransi, semoga menyampaikan manfaat yang berarti bagi pembaca untuk mau mengasuransikan diri.