Jumat, 30 Juni 2017

Obat Pereda Demam Pada Anak

Posted on Jumat, 30 Juni 2017
Obat pereda sakit demam atau penurun panas pada anak | Demam sering kali menyerang siapapun tidak pandang batasan usia seseorang baik anak anak maupun orang remaja Pada kesempatan kali ini saya akan menyebarkan tips mengatasi demam pada anak. Pada umumnya bunda pasti eksklusif panik mengetahui buah hatinya terserang demam hal yang menyerupai itu biasa di alami oleh bunda bunda dimanapun. Karena demam pada anak biasanya disertai rewel dan susah makan inilah yang mungkin membuat bunda dirundung kepanikan. Tapi perlu bunda ingat panik tidak akan menyelesaikan duduk perkara justru kepanikan akan memicu penanganan yang tidak sempurna dan akan menyebabkan duduk perkara baru. Yang perlu bunda lakukan terlebih dahulu ialah menenangkan si buah hati biar suhu tubuhnya tidak terus naik. Psikologis yang damai dapat mempercepat penyembuhan.

Dikatakan demam apabila suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius, selama demam tidak disertai dengan kejang dan penurunan kesadaran demam tidaklah bahaya. Tidak semua demam memerlukan penanganan medis kenali dulu penyebab demam tersebut biar penanganannya sempurna sasaran.  Misalnya saja sehabis disuntik imunisasi suhu tubuh si anak naik maka tidak perlu dilakukan penanganan medis. Demam bukan penyakit utama, demam ialah reaksi alami tubuh untuk melawan virus, basil ataupun benalu yang masuk kedalam tubuh. Jika masih memungkinkan sebaiknya dilakukan perawatan dirumah dengan menunjukkan obat pereda demam yang dijual bebas di apotek. Apabila demam yang menyerang bukan petanda penyakit serius dalam 2 atau 3 hari pasti tubuh anda sudah kembali fit. Namun kalau dalam 3 hari demam tak kunjung reda alangkah baiknya di cek darah mungkin saja demam yang menyerang akhir demam berdarah atau penyakit mengkhawatirkan lainnya sehingga harus dilakukan penanganan medis dengan segera.

anak sedang demam

Demam disertai dengan sakit kepala, keringat dingin, sakit tenggorokan, mengigil, batuk pilek, sakit otot, nafsu makan berkurang, sakit otot , dan tubuh terasa lelah ialah gejala yang umum timbul akhir demam, namun kalau anda merasan sakit kepala yang amat, mata yang sensitif pada cahaya terang, kejang, leher terasa kaku dan sakit dikala menunduk, sakit dikala buang air dan nafas terasa sesak didada sebaiknya segera hubungi dokter mungkin saja itu petanda penyakit yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Berikut ini jenis jenis obat demam untuk anak yang disebabkan oleh infeksi

*   Parasetamol dan Ibuprofen
Kedua obat ini paling umum dikonsumsi untuk meredakan demam dan dijual bebas di apotek apotek namun mengkonsumsi keduanya dalam jangka panjang dapat menyebabkan efeksamping merusak ginjal dan hati.

*  Aspirin
Untuk anak anak sebaiknya jangan diberikan karena obat yang mengandung aspirin dapat memicu syndrom reye yaitu suatu penyakit yang dapat mensugesti kinerja otak dan hati. Untuk orang remaja aspirin aman aman saja asalkan dikonsumsi sesuai aturan.

* Antibiotik
Biasanya dokter gres menunjukkan obat ini kalau pada penderita dicurigai adanya bisul bakteri.

* Antivirus
Obat ini diberikan pada penderita yang memiliki komplikasi penyakit yang terhitung tinggi.

Selain dengan obat obatan bunda juga mampu mengatasi demam pada anak dengan cara berikut ini:

* Kompres dengan air hangat
Mengompres dengan air hangat dapat membantu meredakan si anak bila ada yang berpendapat kalau anak demam cara meredakan dengan kompres air cuek itu salah, karena mengkompres dengan air cuek justru akan membuat anak tambah demam.

* Menenangkkan si anak ialah langkah utama yang harus anda lakukan karena akan sangat membantu menstabilkan suhu tubuh.

*  Mandikan si anak dengan air hangat dan garam
Jika suhu tubuh anak tidak terlalu tinggi anda mampu memandikannya dengan air hangat yang dicampur garam mandi (beli di apotek) Namun apabila tidak memungkinkan washlap saja dengan air hangat biar tubuh terasa lebih nyaman.

*  Pakaikan si kecil pakaian yang tipis dan longgar ini bertujuan biar panasnya segera menguap. Seringkali orangtua berangapan kalau anak sedang demam memakaikan pakaian jaket tebal; celana panjang semua serba tertutup padahal pendapat tersebut tidaklah benar adanya.

* Berikan si kecil cairan sesering mungkin biar tidak dehidrasi.

* Beri obat penurun demam kalau diperlukan.

Artikel terkait : Obat Batuk Pilek Pada Anak.

Demikian informasi mengenai obat demam anak yang dapat saya sampaikan, kalau demam masih berkelanjutan segera periksakan ke dokter terdekat biar menerima perawatan yang terbaik untuk kesehatan anak anda.