Selasa, 20 Juni 2017

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan lewat Atm, Kantor Pos, dan Indomaret/Alfamart

Posted on Selasa, 20 Juni 2017
Anda tentu sudah tidak abnormal mendengar kata BPJS. BPJS yakni abreviasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang kemudian disingkat menjadi BPJS. Program yang sudah diselenggarakan tiga tahun ini begitu menarik minat masyarakat.
Pemerintah sebagai pihak yang menjamin terselenggarakannya aktivitas BPJS ini benar-benar mempedulikan masyarakat di Indonesia. Layanannya pun cukup menjanjikan, Anda mampu mengakses layanannya secara praktis dan mudah dengan hanya membayar iuran perbulannya.
Jika Anda sudah daftar BPJS online ataupun secara manual (offline) tentunya Anda akan dikenakan kewajiban untuk membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah iuran yang Anda keluarkan ini akan tergantung pada jenis layanan yang Anda inginkan.
Lalu bagaimana cara bayar iuran BPJS ?

cara bayar iuran BPJS

Bukan hanya kemudahan dalam hal pengecekan tagihan iuran BPJS, Pemerintah juga memperlihatkan kemudahan bagi masyarakat luas untuk mampu melaksanakan pembayaran iuran BPJS. Kemudahan dalam pembayaran iuran BPJS ini supaya membuat Anda nyaman dengan layanan BPJS.
Berbagai akomodasi pembayaran diberikan kepada masyarakat supaya lebih mudah dan cepat dalam melaksanakan pembayaran tagihan iuran setiap bulannya. Jika Anda yakni anggota dari BPJS, Anda tidak perlu khawatir bagaimana Anda akan membayar iuran BPJS. Sebab ada beberapa pilihan untuk Anda membayar iuran BPJS sesuai selera Anda.
Nah, berikut yakni 5 tempat yang mampu Anda gunakan untuk membayar iuran BPJS. Di mana sajakah tempat itu? Dan bagaimana cara bayar BPJSnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kantor BPJS Kesehatan
Tempat yang  pertama menjadi pilihan tentunya yakni kantor BPJS Kesehatan. Tempat ini akan sangat sempurna bagi Anda yang berdomisili atau bekerja di sekitar wilayah kantor BPJS Kesehatan.
Bagaimana cara membayar iuran BPJS nya? Setelah datangi kantornya, Anda mampu menuju loket pembayaran yang tersedia di sana. Akan ada penjaga loket yang melayani Anda dalam pembayaran.

2. Melalui ATM
Jika Anda tidak ingin repot-repot pergi ke kantor BPJS, Anda mampu bayar iuran BPJS melalui ATM. Bank yang telah bekerja sama dengan BPJS yakni Bank BRI, BNI dan Bank Mandiri.
Melalui ATM, Anda tidak perlu antri di kantor BPJS untuk melaksanakan pembayaran iuran BPJS. Lalu bagaimana cara membayarnya? Pertama, pastikanATM Anda memiliki saldo yang cukup untuk bayar iuran BPJS.
Setelah itu, masukkan ATM Anda, pilih bahasa dan masukkan pin Anda.Setelah itu akan muncul menu, dan pilihlah “Bayar/Beli”, lalu pilih menu lainnya. Pilihlahmenu BPJS kemudian pilih jenis kepersertaan BPJS, apakah BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan.
Setelah itu pilih individu jikalau jenis anggota BPJS Anda yakni mandiri, atau pilih Badan Usaha jikalau yang ingin bayar yakni iuran BPJS Ketenagakerjaan.
Masukkan arahan pada bank, untuk Bank Mandiri 5 digit arahan bank nya yakni 89888, untuk BNI dan BRI arahan digitnya yakni sama, 88888. Setelah memasukkan arahan digit bank, lanjutkan dengan 11 digit virtual account yang terdapat pada kartu BPJS. Masukkan jumlah pembayaran yang ingin Anda bayarkan, lalu tekan tombol “Ya” untuk ke tahap selanjutnya.
Pada tampilan berikutnya Anda akan diminta untuk memilih jenis rekening anda, giro tabungan atau kartu kredit, pilih salah satu sesuai dengan jenis rekening bank Anda.
Sampai tahap di atas proses pembayaran Anda sudah berhasil, simpan slip transfer Anda sebagai bukti.

3. Kantor Pos
BPJS bukan hanya bekerja sama dengan bank, tapi juga dengan PT.Pos Indonesia. Bagi Anda yang tinggal di tempat pedesaan Anda mampu membayar iuran BPJS dengan mendatangi kantor pos terdekat dan mampu menuju loket pembayaran.

4. Indomaret dan Alfamart
Anda juga mampu melaksanakan pembayaran iuran BPJS di Indomart dan Alfamart. Kedua minimarket ini memang sudah menjamur di banyak sekali wilayah Indonesia. Anda tidak akan kesusahan mencari Indomart atau Alfamart jikalau ingin membayar iuran BPJS ke minimarket ini.
Cara membayar iuran BPJSnya pun cukup mudah, hanya cukup mendatangi kasir dan mengatakan ingin membayar iuran BPJS, lalu Anda mampu menunjukkan kartu BPJS Anda untuk dicatat nomor kartunya.
Setelah melaksanakan transaksi pembayaran, jangan lupa simpan slip yang diberikan oleh kasir untuk bukti pembayaran Anda.
Nah, silahkan mau memilih di tempat mana Anda ingin membayar iuran BPJS. Semoga artikel ini mampu membantu Anda.