Rabu, 09 Agustus 2017

Penyebab Bayi Sering Muntah Dan Cara Mengatasinya

Posted on Rabu, 09 Agustus 2017
- Sering gumoh atau bahkan hingga muntah di usia sikecil masih dibawah 5 bulan yaitu suatu hal yang wajar terjadi. Mungkin bunda begitu panik ketika sang buah hati muntah setelah diberi asi kepanikan yang serupa juga pernah terjadi pada aku sendiri. Ketika anak aku gres berumur 5 hari tiba tiba muntah setelah aku beri asi. Saya sangat panik waktu itu alasannya yaitu ini gres pertama kalinya dan itupun terjadi setiap hari bahkan lebih dari satu kali sehari kadang hingga 3 kali muntah dalam sehari. Hingga bulan bulan berikutnya masih sering muntah namun sudah tidak se ekstrim yang sudah sudah. Walaupun sering muntah tapi anak aku masih sangat lincah dan menunjukkan perkembangan yang baik dari hari kehari, Bahkan perkembangan anak aku lebih cepat dari sahabat teman seusianya yang ada disekitar rumah saya. Hingga suatu hari aku berkonsultasi pada bidan setempat atas apa yang terjadi sama anak saya. Dan bidan memperlihatkan tanggapan yang sangat melegakan hati saya, ternyata dengan tanda tanda yang menyerupai  anak aku alami yaitu muntah yang normal terjadi pada bayi.

penyebab bayi muntah


Apa yang menjadi penyebab bayi usia dibawah 5 bulan sering mengalami muntah

* Ukuran lambung bayi masih kecil sehingga apabila asi yang masuk terlalu banyak lambung tid bisa menampung dan kesudahannya dikeluarkan lewat jalan muntah.

* Otot cincin yang terletak antara kerongkongan dan lambung belun bisa menutup dengan tepat sehingga susu yang masuk tidak dapat sepenuhnya masuk pada lambung hingga kesudahannya susu kembali lagi kekerongkongan dan terjadilah gumoh atau muntah.

* Bayi menangis atau batuk yang berlebihan  dan ini sering terjadi pada pada bayi di usia pertamanya.

Muntah atau gumoh dengan tanda tanda normal akan berhenti dengan sendirinya setelah usia bayi di atas 5 bulan. Namun apabila bayi anda masih muntah dengan tanda tanda yang tidak normal menyerupai dibawah ini segeralah hubungi bidan terdekat untuk menerima perlindungan pertama.

1. Terlihat kesakitan ketika muntah

2. Muntah yang dibarengi perut kembung

3. Muntah yang diiringi menguningnya kulit dan mata ini artinya bayi anda sedang menderita sakit kuning.

4. Muntah terus menerus yang disertai BAB bisa jadi bayi anda terkena muntaber.

5. Muntahan sikecil berwarna hijau.

6. Bayi muntah jago setelah makan sesuatu ini berarti bayi keracunan makanan.


Artikel terkait :
Kaprikornus intinya penyebab bayi sering muntah itu yaitu hal yang sangat wajar, asalkan muntah atau gumoh pada bayi tidak termasuk pada 6 kategori diatas. Jika bayi anda mengalami muntah yang tidak wajar atau menyerupai dalam 6 kategori diatas cara mengatasinya yaitu segera bawa kebidan atau dokter terdekat anda, Sekian berita dari aku biar dapat membantu anda.