Senin, 14 Agustus 2017

Cara ternak angsa petelur

Posted on Senin, 14 Agustus 2017
- Cara ternak angsa petelur |  Masakan berbahan dasar angsa memang menjadi idola dikalangan pecinta kuliner. Walaupun daging angsa dikenal sebagai penyebab banyak sekali penyakit sebab kadar kolestrolnya yang sangat tinggi namun tetap saja ajakan telur angsa maupun daging angsa semakin meningkat dari tahun ketahun. Hal itulah yang menjadikan banyak orang membudidayakan angsa untuk diambil telurnya maupun dagingnya. Dalam kesempatan ini saya akan membuatkan tips mengenai cara ternak angsa petelur semoga menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. Berternak angsa memang merupakan salah satu peluang perjuangan sampingan rumahan dengan modal kecil selain itu berbisnis angsa petelur sangatlah menjanjikan keuntungannya. Dengan berbekal pengetahuan mengenai budidayanya tentu saja dapat anda sudah berupaya meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Ada banyak yang harus kau pelajari dari beternak angsa petelur.

Cara ternak angsa petelur

  • Langkah pertama sebelum memulai budidaya angsa yaitu menyiapkan kandang..
Agar kesehatan angsa anda terjaga perlu diperhatikan kebersihan kandang. Lakukan pembersihan secara rutin semoga angsa terhindar dari banyak sekali penyakit. Untuk sangkar ada beberapa jenis sangkar yang harus disiapkan.

1. Siapkan sangkar untuk anakan/Box ukuran 1x2m untuk 50 ekor.

2. Kandang Brower untuk angsa usia produktif. Kandang ini digunakan untuk sepasang angsa jantan betina.

3. Kandang layar untuk angsa siap telur.
Anda mampu mengunakan bambu untuk sangkar hal ini bertujuan menghemat biaya. Ketiga sangkar tersebut harus anda persiapkan terlebih dahulu. jangan lupa juga siapkan gudang untuk penyimpanan pakan dan alat alat yang dibutuhkan.
  • Bibit
Untuk mendapat kan bibit yang berkualitas perlu adanya pemilihan bibit, mampu dari telur tetas atau mampu juga dari indukan.,Jika dari indukan pilih angsa yang bulunya mulus mengkilap tanpa cacat.
  • Makanan
Pemberian pakan menjadi faktor utama kualitas dari telur yang dihasilkan.  Dengan memberi makanan yang bernutrisi tinggi plus konsentrat. Untuk santunan vitamin campurkan pada makanan atau mampu dengan disuntikkan.

Arttikel pilihan : Cara Budidaya Ikan Lele

   Pembuangan limbah atau kotoran bebek. Hal ini sangat penting sebab menyangkut kesehatan angsa peliharaan anda. Jangan tunggu sampai kotoran menumpuk buanglah tiap pagi dan sore. Jika diharapkan pergilah ke dinas peternakan terkait untuk menerima penyuluhan yang lebih detail mengenai cara ternak angsa petelur.