Kamis, 29 Juni 2017

Obat Batuk Pilek (flu) Pada Anak

Posted on Kamis, 29 Juni 2017
Batuk dan flu yaitu penyakit yang paling sering menyerang anak anak, dikarenakan sistem kekebalan tubuh si anak belum terbentuk dengan tepat sehingga rentan sekali terserang aneka macam macam penyakit khususnya batuk flu.
flu umumnya diawali demam batuk pilek, nyeri otot dan disertai sakit kepala. Kalau hal ini terjadi pada anak anak pastilah sangat menyiksa. Apabila anak terserang batuk flu hampir bisa dipastikan kita sebagai orang renta tidak bisa tidur dengan nyenyak, karena pada umumnya batuk flu bertambah parah pada malam hari yang menjadikan anak menjadi rewel.

anak terserang batuk flu

   Flu bisa menular lewat udara, untuk pencegahan hindari kontak eksklusif dengan penderita.  Virus penyebab batuk flu dapat dilemahkan dengan cahaya matahari, desinfektan dan sabun. Batuk merupakan proses mengeluarkan benda abnormal yang ada pada susukan pernapasan adegan atas yang disebabkan oleh ISPA atau benjol susukan pernafasan atas. Virus penyebab batuk flu mudah sekali berkembang biak pada ketika pergantian ekspresi dominan atau pancaroba. Hal ini lah yang membuat batuk flu mudah menyerang ketika ekspresi dominan pancaroba.

Cara mencegah batuk flu pada anak :
  • Jagalah kebersihan baik tubuh maupun kebersihan lingkungan sekitar. Hindarkan anak anda bermain ditempat daerah yang kotor karena ditempat kotor yaitu daerah ideal bagi tumbuh dan berkembangnya bakteri. Cuci tangan pakai sabun setelah bermain, sebelum makan dan sebelum tidur. Sebagai orang renta andalah yang berkewajiban menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan anak anda.
  • Makan makanan bergizi perbanyak makan yang mengandung protein tinggi, vitamin A, dan C, serta perbanyak minum air putih sekurang kurangnya 8 gelas per hari. Pada balita yang masih minum asi berilah asi yang cukup karena asi dapat mengencerkan lendir sehingga dengan minum asi pernafasan yang tersumbat akhir batuk flu bisa teratasi.
  • Faktor utama terserang batuk flu dikarena kekebalan tubuh yang menurun. Dengan cukup istirahat tubuh tetap fit srhingga memperkecil potensi terserang batuk flu.
  • Hindari kontak eksklusif dengan penderita batuk flu semoga tidak tertular.

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak :

1. Madu
Minum madu dapat meredakan batuk karena madu memiliki antioksidan yang bisa membantu mengeluarkan lendir dari susukan pernafasan anda.Pada anak usia dibawah 1 tahun tidak disarankan mengkonsumsi madu karena didalam madu terkandung spora botulisme yang dapat menjadikan keracunan pada bayi.
 Untuk anak usia 1-5 tahun berikan 1 sdm 3 kali sehari
 Untuk anak usia di atas 5 tahun berikan 2 sdm 3 kali sehari

2. Minum Obat
Minum obat batuk pilek yang mengandung parasetamol untuk membantu meredakan batuk flu pada anak anda.

3. Beri Kehangatan
Memberi kehangatan pada anak bisa dengan menunjukkan minyak telon atau balsem khusus anak anak oleskan  pada telapak kaki, perut, dan punggung atau bisa dengan berjemur dibawah terik matahari, atau bisa juga dengan memberinya semangkuk sop ayam hangat semoga meredakan batuk flu yang menderanya.

4. Obat tradisional
Mengobati dengan obat herbal jauh lebih baik contohnya saja minum wedang jahe  dan perasan jeruk nipis ditambah sedikit kecap manis merupakan cara tradisional yang terbukti ampuh meredakan batuk.

Arikel terkait : Obat Demam Anak

Uraian diatas kiranya bermanfaat buat anda yang sedang binggung karena si buah hati terserang batuk flu. jikalau cara diatas tidak juga meredakan batuk flu anak anda segeralah konsultasi ke dokter semoga diberikan penanganan yang cepat dan tepat.