Selasa, 13 Juni 2017

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung

Posted on Selasa, 13 Juni 2017
Panduan Cara Menanam Jahe Merah dalam karung yang lebih simple dan hemat kawasan | Jahe merupakan tanaman obat tradisional yang biasanya dipergunakan untuk embel-embel masakan. Jahe memiliki banyak varietas, namun dari banyak sekali jenis tanaman jahe yang lebih banyak memiliki manfaat yang lebih tinggi yaitu sijahe merah. Bentuknya lebih kecil dari pada jenis lainnya serata rasa pedas dan rasa hangatnya pun juga lebih tajam.
Hampir semua orang menduga bahwa jahe hanya bisa dipergunakan untuk membuat minuman penghangat atau pereda tengorokan yang sedang batuk dan juga sebagai materi bumbu kuliner saja, tapi kenyataannya manfaat jahe merah juga sangat baik untuk diet, alasannya jahe merah mengandung senyawa aktif yang bisa membuat kita selalu merasa abadi kenyang, jadi bila anda mengkonsumsi jahe merah saat menjalankan diet sangat rupawan sekali.


Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung


Seiring dengan ajakan jahe dipasaran yang semakin meningkat baik pasar luar negeri maupun dalam negeri kini banyak petani yang mencoba membudidayakan tanaman jahe merah ini alasannya memang harga jahe merah cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jahe lainnya, namun tahukan anda cara menanam jahe yang benar biar menerima panen yang berkualitas dan melimpah?
Ada banyak media yang bisa anda pergunakan untuk budidaya jahe merah dan pada ulasan ini saya akan membuatkan tips budidaya jahe didalam karung, sehingga lebih menghemat kawasan serta menerima hasil yang lebih berkualitas.

Adapun keuntungan budidaya jahe didalam karung ialah bisa menghemat kawasan serta menanam jahe merah mengunakan media karung sangat mudah dan dapat menghasilkan panen yang jauh lebih banyak, alasannya didalam satu karung kita bisa menerima panen hingga 20 kg, sedangkan ditanah paling banyak 3 hingga 5 kg saja. Kaprikornus budidaya jahe merah menggunakan media karung pasti lebih efisien dari pada tanah biasa.
Hal ini sangat cocok untuk kalian yang sedang mencari peluang perjuangan  sampingan namun terkendala oleh beberapa faktor dan diantaranya yaitu tidak memiliki lahan yang luas. Karena memang tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas, cukup anda tanam pada karung dan ditempatkan dibelakang rumah atau disekitar pekarangan rumah anda. 

Jika anda belum pernah menanam jahe merah sama sekali untuk memulai menanam tanaman ini sebaiknya menanam dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, nanti setelah anda sudah mengetahui abjad dan perawakannya secara menyeluruh barulah menanam dalam jumlah yang besar,  sekadar jaga jaga saja bila terjadi kegagalan setengah jalan jadi anda tidak merugi terlalu besar. 

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung

1. Persiapan media tanam.
   Isilah karung menggunakan tanah halus yang sudah dicampuri dengan pupuk kompos ditambah ndolomit dan NPK sebanyak 1% dari total media yang akan dipergunakan.kemudian Isilah hingga 1/3 bab karung lalu diamkan hingga satu ahad biar tercampur unsur hara antara pupuk kompos dan tanah kemudian aduk- aduk tiap hari biar tanah tidak menjadi keras.

2. Menyiapkan benih.
   Pilih benih yang sehat (bibit yang rupawan dan tidak cacat) Untuk menerima bibit yang rupawan anda dapat membeli dipenjual bibit ataupun menggunakan bibit tanaman jahe merah yang sudah dipanen dari tanaman sebelumnya. Angin- anginkan selama kurang lebih satu hari. Rendam pada cairan fungisida atau insektisida selama kurang lebih lima menit.

3. Cara Menanam bibit jahe merah.
   Bibit yang sudah direndam cairan fungsida kemudian masukkan kedalam media tanam kurang lebih dengan kedalaman antara 3 hingga 5 cm.

4. Cara Perawatan budidaya jahe merah
   Selama kurang lebih sekitar 25 hari lakukan penyiraman dan bila media sudah dirasa kering. Karena pada masa- masa itu akar akar rimpang jahe mulai tumbuh sehingga air harus benar-benar cukup. Pada waktu penyiraman anda dapat  menambahkan pupuk kimia biar pertumbuhannya jahe merah lebih maksimal.

5. Masa Panen
   Tanaman Jahe merah bisa kita panen saat sudah berusia sekitar 8 sampai10 bulan.

Artikel terkait :
 Itulah tadi tips sederhana budidaya jahe merah dalam karung yang terbukti lebih menghemat kawasan serta bisa meningkatkan hasil panen, terimakasih telah membaca dan berkunjung di blog saya.